Kamis, 14 Juni 2012

Kuis Manajemen Kepemimpinan : Seberapa Baik Saya Menjalankan Pendelegasian Kewenangan

Inilah kesempatan untuk mempelajari seberapa baik Anda mendelegasikan. Latihan ini akan membantu mengidentifikasi kekuatan dan  menentukan di mana perbaikan harus dilakukan.
Lingkari angka yang paling sesuai dengan Anda (bukan yang saya pandang terbaik),  dan kemudian menjumlahkan angka dan tingkat keterampilan anda.

Semakin tinggi angka, semakin tinggi kemampuan anda: angka 5 mewakili kondisi tertinggi & angka 1 terendah

Pilih score sesuai apa yang cenderung anda lakukan sehari-hari, dan bukan yang terbaik menurut pikiran Anda

No
Pernyataan
Skor
5
4
3
2
1
1
Semua bawahan saya mengerti apa yang saya harapkan dari mereka





2
Saya melibatkan bawahan saya dalam penyusunan rencana kerja,
Pengambilan keputusan, langkah-langkah usaha/kegiatan perbaikan dilingkungan unit kerja saya





3
Dalam kegiatan sehari-hari, saya lebih menitikberatkan pada perencanaan kerja,  pengelolaan kerja dan memberi motivasi serta pengawasan, dibanding melaksanakan pekerjaan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh orang lain





4
Ketika saya akan memberikan suatu penugasan, saya mempertimbangkan matang-matang siapa diantara bawahan saya yang lebih mampu menanganinya





5
Ketika saya menghadapi problema dalam suatu pekerjaan, saya memberikan kesempatan kepada bawahan untuk mencari solusi dengan cara yang mereka pilih sendiri





6
Ketika saya menugaskan bawahan, saya akan memberikan penjelasan detail tentang pekerjaan tersebut





7
Pada hemat saya, memberikan wewenang pada bawahan adalah cara terbaik untuk membuat mereka bisa mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan keahliannya





8
Ketika saya mendelegasikan suatu pekerjaan pada salah satu bawahan, semua bawahan lainnya mengetahui siapa yang saya tunjuk untuk bertanggungjawab





9
Ketika saya mendelegasikan sebuah pekerjaan pada bawahan, saya akan menyesuaikan akntara beban tanggung jawab dengan kemampuan





10
Saya bertanggung jawab penuh atas hasil kerja bawahan saya







Skor antara 41 dan 50 menunjukkan Anda berada di target. Skor antara 31 dan 40 menunjukkan Anda hanya mendapatkan oleh tapi bisa membaik. Apa pun di bawah 40 berarti Anda segera perlu membuat perubahan dalam keterampilan mendelegasikan pekerjaan pada bawahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Salam Semangat Sobat .. M. Heydar adalah trainer soft skill management dan blog ini dimaksudkan sebagai media pertukaran gagasan terkait Manajemen Strategis dan SDM, Pengembangan Potensi Diri & Kepemimpinan serta Semangat Wira Usaha

Pengikut