Seberapa sering Anda menemukan diri
Anda kehabisan waktu? Mingguan,
harian, per jam? Bagi banyak
orang, tampaknya tidak pernah ada waktu yang
cukup dalam sehari untuk mengerjakan semua tugas yang harus diselesaikan
Bila Anda
tahu bagaimana mengelola waktu Anda, Anda mendapatkan kontrol dan terhindar
dari ‘Jebakan Kesibukan’ yang tidak membantu Anda menciptakan Hasil bernilai
Tinggi.
Manajemen waktu yang efektif membantu Anda
untuk memilih apa yang harus bekerja dan kapan. Hal ini penting jika Anda mencapai
nilai yang sesungguhnya.
Kuis
Manajemen Pengelolaan Waktu ini membantu
Anda mengidentifikasi
aspek-aspek manajemen waktu yang paling Anda butuhkan. Hasilnya akan mengarahkan Anda untuk mengontrol
waktu Anda, dan mulai bekerja
efisien, memenuhi harapan manajemen dan pada akhirnya
menjanjikan kepuasan pelanggan.
No
|
PERNYATAAN
|
Tidak Pernah
|
Jarang
|
Kadang-kadang
|
Sering
|
Sangat Sering
|
1
|
Apakah
tugas yang Anda kerjakan setiap hari berdasar pada prioritas tertinggi
|
|
|
|
|
|
2
|
Anda lebih
banyak menyelesaikan tugas pada saat saat terakhir deadline, atau meminta
tambahan waktu
|
|
|
|
|
|
3
|
Apakah
Anda selalu menyisihkan waktu menyusun
perencanaan dan jadwal penyelesaian pekerjaan?
|
|
|
|
|
|
4
|
Apakah
Anda tahu berapa banyak alokasi waktu yang Anda
perlukan untuk menyelesaikan berbagai
pekerjaan yang Anda lakukan?
|
|
|
|
|
|
5
|
Seberapa
sering Anda menemukan diri Anda berurusan dengan interupsi tugas baru?
|
|
|
|
|
|
6
|
Apakah Anda menggunakan penetapan
tujuan (goal set) untuk memutuskan apa tugas dan kegiatan Anda harus didahulukan
|
|
|
|
|
|
7
|
Apakah
Anda
meng-alokasikan cadangan waktu dalam agenda kerja untuk mengantisipasi tugas "tak terduga"?
|
|
|
|
|
|
8
|
Apakah
Anda tahu apakah
tugas yang memiliki Skala Nilai Tinggi, Sedang dan Rendah?
|
|
|
|
|
|
9
|
Ketika
anda beri tugas baru, apakah Anda menganalisis untuk
menilai skala kepentingan dan mengerjakannya sesuai sesuai prioritas?
|
|
|
|
|
|
10
|
Apakah Anda
selalu merasa kesulitan memenuhi komitmen waktu penyelesaian tugas dan
mengalami peningkatan stress saat menjelang deadline penyelesaian tugas
|
|
|
|
|
|
11
|
Apakah
Anda sering menghadapi gangguan saat mengerjakan tugas-tugas penting?
|
|
|
|
|
|
12
|
Apakah
Anda merasa bahwa untuk menyelesaikan tugas sesuai jadwal, berarti Anda harus
membawa pekerjaan dan menyelesaikannya dirumah
|
|
|
|
|
|
13
|
Apakah
Anda memprioritaskan pekerjaan yang ada dalam catatan "To Do" list
|
|
|
|
|
|
14
|
Apakah
Anda secara teratur mengkormasi kan prioritas Anda dengan atasan Anda?
|
|
|
|
|
|
15
|
Pada
saat anda akan mengerjakan suatu tugas, apakah anda menetapkan jumlah waktu
yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya?
|
|
|
|
|
|
Skor
|
Keterangan
|
46-75
|
Anda mengelola waktu Anda yang sangat efektif! Namun, periksa bagian di bawah ini untuk melihat apakah
ada sesuatu yang dapat membuat ini menjadi lebih
baik.
|
31-45
|
Anda baik di
beberapa hal, tapi ada ruang
untuk perbaikan di tempat lain. Fokus pada isu-isu serius, dan kemungkinan besar Anda akan menemukan
bahwa pekerjaan menjadi jauh
berkurang tingkat stres Anda.
|
15-30
|
Wouw....kabar baiknya adalah
bahwa Anda punya kesempatan besar
untuk meningkatkan efektivitas Anda
di tempat kerja, dan kesuksesan jangka panjang Anda!
Namun, untuk mencapai hal itu, Anda harus secara mendasar meningkatkan
keterampilan manajemen waktu Anda.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar