Selasa, 19 Juni 2012

Temukan Kegairahan Sejatimu..Your Passion..& Nikmati Buah Indahnya !!*


Berbagai versi jajak pendapat menunjukkan bahwa 75 % orang dari berbagai latar belakang merasa  tidak tahu apa yang menjadi kegairahan sejati mereka. Begitu banyak hal dilakukan setiap saat oleh manusia, meski sebenarnya itu bukan hal yang sebenar-benarnya ingin dilakukan. Kesuksesan demi kesuksesan yang dihasilkan, hanya cukup untuk memenuhi harapan diri demi terpenuhinya keinginan orang-orang yang ada disekitarnya. Sebuah pencapaian yang menyenangkan tapi tidak memuaskan. Tidak memuaskan karena lahirnya pencapaian juga ditemani oleh munculnya rasa penat yang menghimpit. Selesai sebuah pencapaian, kita berpikir keras dan bertindak untuk melahirkan pencapaian lain..yang setiap kali harus dibarengi dengan hadirnya kepenatan yang lain..
Hingga suatu saat manusia berpikir..Bahwa Pencapaian Hanya Bisa Terjadi Bila Dijalani Dengan Proses yang Melelahkan... Bisa jadi, ini yang membuat dunia dipenuhi dengan ribuan kesuksesan tapi bukan ribuan kebahagiaan. Mungkin ini penyebab mengapa ada begitu banyak ketidakbahagiaan terjadi di masyarakat kita.

Bekerja keras untuk memperoleh sesuatu yang kemudian dibuang tanpa kesan membekas ..menciptakan lebih bagus, lebih banyak, namun tidak membuat sobat menjadi lebih mencintai apa yang sobat kerjakan, tidak terinspirasi untuk melongok kelebih banyak potensi keunikan diri, untuk melahirkan satu persatu produk yang mampu membuat sobat makin merasa bahagia..
Bila sobat ingin sesuatu yang hakiki..maka jawabannya..Bukan sebuah prestasi melahirkan prestasi yang lain..tapi sebuah kebahagiaan dan rasa syukurlah yang melahirkan kebahagiaan hakiki dan rasa syukur yang lebih besar..
Ingat sobat..sebuah prestasi hebat bisa jadi membuat kemanfaatan untuk jangka pendek..
Namun kebahagiaan dan rasa syukur yang hebat..pastilah membuahkan kemanfaatan dalam spektrum jauh lebih luas dan melahirkan inspirasi positif yang berjangka lebih panjang. .

 Menemukan gairah sejati (passion) tidak sesederhana seperti kelihatannya, ia tidak datang secara alami, tetapi sebuah pencarian..sebuah investasi sebagian besar waktu, segala daya upaya dan berbagai resiko untuk sampai pada sebuah rumusan unik  pribadi sobat.  Kiranya 8 pertanyaan dibawah ini mungkin dapat membimbing Sobat untuk menemukan gairah utama sobat:

1. Apa yang menghadirkan senyum di wajah Sobat?
Peristiwa tertentu apakah yang saat sobat ciptakan akan terasa meringankan   dan mampu hadirkan rona senyum diseluruh wajah Sobat? Apa pun yang membuat sobat  tersenyum, dan membuat sobat bahagia setiap kali menemuinya, adalah tanda dari sesuatu yang sobat sukai. Sobat boleh percaya bahwa Kebahagiaan dan Kegairahan berjalan berdampingan, keduanya membutuhkan satu sama lain.
Mengikuti apa yang membuat sobat benar-benar bahagia adalah cara yang mengagumkan untuk mencari tahu kegairahan hakiki yang menjadi alasan dihadirkannya sobat dimuka bumi ini.
Pikirkan tentang sesuatu yang membahagiakan atau yang  membawa ketenangan total saat sobat melakukannya..Ketenangan total adalah kedamaian diri..Perdamaian dengan diri sendiri adalah kebahagiaan...dan kebahagiaan adalah gairah.

2. Apa topik yang Sobat sangat sukai untuk membahasnya?
Meninjau dan mengenali spesifik topik pembicaraan tertentu yang sobat sukai bisa jadi sarana deteksi minat sobat, tentunya topik yang sobat yakini bila dikerjakan akan mampu menghadirkan situasi dimana sobat menikmati dan mensyukuri perjalanan hidup sobat.
 Sebagian besar diantara kita tidak sepenuhnya menyadari hal ini..dan teman terdekat adalah cermin terbaik untuk sobat mencari tahu tentang hal ini. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka yakini tentang topik dimana sobat terlihat punya minat yang besar, ketajaman analisis dan kesiapan untuk tetap bertahan dalam badai masalah..tanyakan mereka apa topik membuat mata mencerahkan, dan pertaruhan perubahan perilaku sobat.
Bisa jadi sobat akan terkejut akan pandangan para karib sobat..beberapa hal tidak begitu jelas bagi sobat, tapi karib sobat bisa melihat reaksi di wajah, yang sobat tidak mampu melihat tanpanya.
Silahkan mencoba, Sobat..anggap saja sebagai latihan yang sangat intens..satu langkah untuk mengarahkan sobat lebih dekat kepada kegairahan sejati..Nilai Tak-Terbatas Keunikan Diri Pribadi Sobat...

3. Apa yang memicu kreativitas Sobat?
Pilih salah satu kegiatan yang membangun gairah hidup dan bertumbuh. Lakukan dalam jangka ratusan..bahkan ribuan jam latih (sebagai gambaran, jam kerja karyawan berkisar 1750-1980 jam/ tahun..tanpa hari sakit)..selalu coba lakukan dengan cara berbeda..dan saksikan berapa banyak tindakan kreatifitas yang mampu sobat lahirkan. Hal yang sama juga dalam konteks berbisnis..Bila produk kita ditolak, coba lakukan dengan cara yang berbeda..meski berpeluang kecil, tapi bila sobat belum mencobanya..maka cobalah..supaya lahir banyak cara lain..
Satu kreatifitas bukan muncul dari seribu jam berpikir..tapi sepuluh kreatifitas akan hadir dalam sepuluh jam bertindak..
Isi segenap waktu dengan berpikir dan bertindak akan sesuatu yang mampu memperluas cakrawala, sekaligus kedalaman penguasaan kemampuan..jangan lupa jeda sejenak setiap interval waktu..dan ide-ide baru akan susul menyusul hadir..
Ingat..Kreatifitas berpikir belum menjadi solusi bila tanpa tindakan yang menghadirkan nilai/value..kenyataan yang membuktikan (proven evidence).. membawa kebahagiaan dan gairah baru

4. Apa yang Sobat temu-ciptakan mudah?
Biasanya, apa yang sobat ciptakan mudah bagi sobat untuk melakukannya, akan terkait dengan apa yang kita sukai. Bila kemampuan sudah dalam genggaman, maka sangat sulit untuk membenci sesuatu yang sangat mudah untuk kita! Meski bisa jadi kemampuan itu adalah buah dari perjuangan keputusan untuk mematahkan keterbatasan diri. Sebagai contoh, katakanlah sobat secara alami belajar dan kemudian mahir bermain piano, sobat akan menemukan kegiatan yang mudah, dan kemudahan ini membuatnya jauh lebih menyenangkan bagi sobat. Fun menyebabkan kebahagiaan dan kebahagiaan identik dengan gairah.
 Jadi tinjaulah segala kerja keras yang sobat lakukan, apa pun yang sobat  yakini akan menjadi  benar-benar mudah dan menyenangkan, akan sangat baik buat kegairahan sobat.
Singkirkan keangkuhan dan kekuatiran akan persepsi orang tentang perilaku konyol sobat. Beberapa orang telah membangun semangat pencapaian dengan berlaga skateboard, partur (melompat iantara struktur bangunan), mengolah limbah hijau, hingga saatnya melahirkan karir matang penuh (+kekuatan finansial). Ingat..Sobat dapat membangun karier dari apa pun yang Anda sukai..asal mau bayar dengan patahkan keterbatasan diri..

 5. Apa yang siap Sobat kerjakan secara gratis?
Kehidupan masyarakat dunia saat ini diukur dengan Gross Domestic Product (GDP) dan bukan dari Index of Happiness..jadi wajar kan kalau semua orang berorientasi  pada Uang ?..satu hal yang samasekali tidak salah..walau tidak juga sepenuhnya benar..semua orang bertindak positif dan bahkan bercampur dengan negatif demi mengumpulkan kekuatan finansial..mesti saat puncak finansial sudah dicapai dan kepada mereka ditanya lagi tentang apa yang masih kurang..maka sebagian besar mengakui bahwa ada yang lebih hakiki..yaitu Kebahagiaan dan Kebermanfaatan.
Cobalah yakini bila sobat mengikuti apa yang sobat sukai tanpa memikirkan apakah itu akan membuat sobat kaya atau tidak..Sobat akan berakhir menjadi sukses. Memilih-lakukan sesuatu dengan penuh kegairahan akan membuah-ciptakan hasil terbaik..sebuah keluaran yang punya makna kebesaran..makna besar akan hadirkan penghargaan..penghargaanlah yang pada akhirnya berbuah finansial..
Masih terlampau banyak orang berpikir bahwa orang yang paling sukses di dunia tiba diposisi itu karena mereka ingin menjadi kaya? Sama sekali tidak, mereka melakukan apa yang diyakini berdasar kegairahan, kegairahan menembus keterbatasan diri.. dan keberhasilan besar mereka itu hanya produk sampingan dari dedikasi mereka.
Jadi ikuti kegairahan sobat..sesuatu yang sobat  menikmati saat melakukannya..dan ingin lebih banyak mencurahkan waktu untuk melakukannya..meski tanpa bayaran..tanpa perhitungan awal nilai tukar finansial.. 

6. Apa kegairahan yang Sobat bisa hadirkan sebagai solusi bagi orang disekitar
Bisa jadi sobat karyawan yang merasa untuk berkreasi dibatasi oleh sebuah struktur yang mengikat, atau sobat seorang wirausaha yang merasa dibatasi untuk secepatnya menghasilkan uang untuk kelangsungan keluarga. Tapi satu hal yang jelas bahwa penemuan kegairahan sejati bukanlah sesuatu yang selalu berseberangan dengan aktivitas sobat saat ini. Kegairahan sobat adalah sebuah spirit..suatu semangat untuk menempa karya agung yang bahannya ada dalam diri sobat, dan sangat fleksibel untuk diwujudkan dalam bentuk apapun. Ukurannya adalah kebahagiaan karena kemanfataannya buat orang disekitar. Sobat tidak perlu kuatir karena pada setiap diri orang ada kebutuhan yang belum terjawab, dan solusi yang sobat tawarkan aalah hal yang sangat mereka tunggu kehadirannya.  Asah kemahiran sobat untuk mempengaruhi sekitar, bungkus kegairahan dengan kemasan kemanfaatan dan sobat akan memperoleh keleluasaan media untuk menampak-rupakan produk luapan kegairahan sobat untuk berkontribusi

7. Apa yang membuat Sobat Takut Gagal?
Ketika sobat melakukan apa yang disukai, sobat memiliki kepercayaan total pada kemampuan diri. Ini akan mengurangi kekuatiran tentang gagal, karena dalam pikiran terekam bagaimana mungkin bisa  gagal bila sobat mengerjakan sesuatu yang dicintai? Buat otak, kegagalan tidak lain adalah missing link antara kontrol atas target perilaku/tindakan dan realita yang belum pas dengan keinginan..so harus dicoba lagi!. Berani Melakukan apa yang sobat sukai adalah sukses dalam dan dari dirinya sendiri, sehingga gagal adalah kemustahilan.
Pikirkan sesuatu yang sobat ingin lakukan, tidak peduli perihal apapun selama positif dan halal. Sesuatu yang sobat yakini tanpa harus disetujui pikiran orang lain...
Pikirkan tentang suatu tindakan yang sobat menikmati saat melakukannya dan bila hasil belum sesuai keinginan..itu adalah urusan belakangan..
Karena keinginan kuat dan tindakan ulet adalah seperti ‘perjalanan’ dan ‘pencapaian tujuan’ yang ada dalam satu paket kehidupan sobat..hal yang meski tidak mudah tapi sangat baik bagi kegairahan sejati sobat..

 8. Apa yang Sobat akan Sesali Bila Tak Cukup Berani Mencobanya?
Awalnya semua orang memiliki mimpi-mimpi, dan entah bagaimana, realita kehidupan mendorong kita ke arah lain, dan hal berikutnya yang sobat tahu, sobat menjadi jauh dari mimpi-mimpi dulu. Bahkan saat melewati alam kedewasaan, sobat lebih mengedepankan realita dan tidak lagi berani berpikir tentang mimpi besar sobat. Coba sobat bayangkan saat berada diposisi menjelang akhir hidup sobat, apa yang akan sesali karena tidak bertindak lebih berani untuk mengejar mimpi besar sobat? Sobat sangat tertarik suatu aktivitas yang sobat sukai, sobat yakin mampu membangunnya secara unik dan kreatif, tapi sobat tidak pernah menciptakan kesempatan untuk itu?  Pikirkan tentang keberanian untuk menghilangkan kata ‘tidak’ untuk semua hal ‘yang mungkin mampu’. Lebih banyak memperhatikan dan membaca karya yang menantang kosakata ‘kemustahilan’.  Tinjau ulang rekaman mimpi besar sobat, agendakan langkah-langkah kecil untuk mendekati realita mimpi yang sobat ciptakan sendiri, dan bayangkan ratusan senyuman syukur banyak orang lain atas realita baru yang inspiratif yang sobat hadirkan.
Jangan sobat sesali sebuah kegagalan..tapi sesalilah sebuah perjalanan hidup tanpa berani mencoba ciptakan sesuatu yang merepresentasikan keunikan kegairahan sejati sobat..

*diolah kembali dari tulisan seorang sobat virtual  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Salam Semangat Sobat .. M. Heydar adalah trainer soft skill management dan blog ini dimaksudkan sebagai media pertukaran gagasan terkait Manajemen Strategis dan SDM, Pengembangan Potensi Diri & Kepemimpinan serta Semangat Wira Usaha

Pengikut